Search This Blog

Sunday, May 29, 2016

Panduan Verval PTK

       Salam satu data...

             Dear rekan Operator dimanapun anda berada, beberapa waktu kemarin Kemdikbud kembali meluncurkan aplikasi untuk melakukan Verifikasi dan Validasi PTK atau lebih dikenal dengan istilah Verval PTK. Lewat aplikasi Verval PTK operator dapat melakuka perubahan data PTK serta mengusulkan PTK untuk mendapatkan NUPTK. NUPTK adalah nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan, yang mana bertujuan untuk mengidentifikasi setiap individu pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di setiap satuan pendidikan di seluruh Indonesia. NUPTK ini sangat dibutuhkan dalam program-program pendidikan daiantanya: program sertifikasi guru, uji kompetensi guru (UKG), pemberian tunjangan khusus bagi PTK, pemberian tunjangan fungsional bagi guru non-PNS serta pemberian tunjangan kelebihan jam mengajar. oleh karena pentingnya fungsi NUPTK tersebut maka operator diharapkan mampu mendukung program ini guna menghasilkan NUPTK yang benar-benar valid.

Untuk bisa masu ke aplikasi tersebut Operator sekolah bisa masuk melalui link http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id dengan menggunakan username dan password yang sudah didaftarkan pada SDM-PDSP yang akan menjadi usernama dan password yang bersifat SSO (single sign on) atau satu usernama dan password yang dapat digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi. 
Pada aplikasi ini terdapat 4 Menu utama antara lain : 
1. Menu Data PTK 

    Pada Menu data PTK terdapat informasi umum tentang :
  1. NUPTK
  2. NIK
  3. Nama
  4. Tanggal Lahir
  5. Tempat Lahir
  6. Ibu Kandung
  7. Jenis Kelamin
  8. Agama
  9. Jenis PTK
  10. Status Validasi
2. Menu Pengelolaan 
    Pada menu ini operator dapat melakukan perbaikan data master dan menambahkan photo dari masing             masing PTK. untuk melakukan perbaikan caranya adalah :
klik pada tab pengelolaan kemudian klik pada perbaikan data master dan photo
maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini
kemudian klik gambar pensil yang ditunjukkan oleh tanda panah berwarna merah.
untuk data PTK yang masih ada kesalahan silakan input data yang benar pada kolom yang sudah disediakan, dan lampirkan salah satu file scan dokumen pendukung sesuai dengan data yang diperbaiki. Sedangkan untuk data PTK yang sudah benar silakan lanjutkan pada upload photo dan pilih upload dokumen.
Untuk mengetahui status ajuan perbaikan silakan klik Status perbaikan data master.


Kemudian pada Menu NUPTK terdapat beberapa sub menu antara lain :
untuk calon penerima NUPTK biasanya akan muncul dengan sendirinya daftar nama PTK yang akan menjadi calon penerima NUPTK sepanjang PTK tersebut memenuhi semua syarat untuk mendapatkan NUPTK.
Untuk Status Penerima NUPTK bisa di cek pada sub menu Status penerima NUPTK.

Dan yang terakhir adalah Menu Logout berfungsi untuk keluar dari aplikasi Verval PTK.

demikianlah panduan singkat tentang Verval PTK semoga bermanfaat...

No comments: